Jumat, 17 September 2010

Tat Twam Asi


Di dalam Candogya Upanisad terdapat dalil yang bunyinya sebagai berikut :

“Tat twam Asi”

Yang artinya : dikaulah itu, dikaulah (semua) itu; semua makhluk adalah Engkau. Engkaulah awal mula roh (jiwatma) dan zat (prakrti) semua makhluk. Aku ini adalah makhluk yang berasal dari-Mu. Oleh karena itu jiwatmaku dan prakrtiku tunggal dengan jiwatma semua makhluk dan Dikau sebagai sumberku dan sumber semua makhluk. Oleh karena itu aku adalah engkau ; aku adalah Brahma. “Aham Brahma Asmi”

Menurut ajaran Upanisad, tutur-tutur, dan Bhagawad Gita dikatakan bahwa ada satu atma yang memberi kita hidup kepada semua makhluk dan menggerakkan alam semesta yang disebut paramatma. Adapun atma yang terdapat di dalam diri tiap-tiap makhluk, adalah bagian dari paramatma itu. Bagian dari paramatma ya ada di dalam disebut juga jiwatma.

Adapun jiwatma itu ibarat sinar matahari yang memancar dan menyinari semua tempat, sedangkan paramatma ibarat matahari sendiri, sebagai sumber sinar-sinar yang memancar disegala tempat. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara paramatma yang sebagai matahari, dan jiwatma-jiwatma yang dapat kita ibaratkan sinarnya. Di dalam Bhagawad Gita XII, 33 terdapat suatu sloka yang berbunyi :

33. “Yatha prakacayaty ekah
Krtsnam lokam imam rawih
Ksetram ksetri tatha krtsnam
Prakacayati bharata”.
Maksudnya:
Bagaikan satu matahari menerangi seluruh dunia, demikian juga paramatma (Hyang Widhi) dari alam semesta menerangi (memberi hidup) seisi alam (semua makhluk) wahai arjuna.

0 komentar:

Poskan Komentar