Kamis, 26 Agustus 2010

Hipnotis


Maraknya kejahatan yang terjadi belakangan ini, seperti perampokan dan penipuan membuat kita harus selalu waspada. Yang menghebohkan yang baru-baru ini terjadi adalah penipuan dengan hipnotis.
Untuk lebih jelasnya mari kita kupas sebenarnya apa itu hipnotis.

Pada masa-masa tahun 1700-an dikenal suatu kemampuan olah pikiran yang masih tradisional yang disebut Mesmerism. Namun berkembang lagi pada sekitar tahun 1820-an, dan pada masa itu diperkenalkan oleh James Braid seorang dokter kenamaan yang berasal dari inggris dengan sebutan Hipnotis. Hipnotis diambil dari nama dewa tidur yunani yang bernama “Hypnos”. Kondisi ini berbeda dengan tidur, hipnotis adalah kondisi yang sangat santai dan sangat rileks, dan dalam keadaan beristirahat namun masih bisa menerima informasi dari sekelilingnya.

Beberapa pakar menyebutkan definisi tentang hipnotis adalah antara lain
• Suatu kondisi dimana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima) meningkat sangat tinggi.
• Pengubahan gelombang menjadi Alpha dan Theta dari Beta dengan menggunakan trik-trik khusus atau dengan tata cara pengolahan komunikasi terhadap orang lain.
• Seni komunikasi untuk meng-eksplorasi alam bawah sadar.
• Kemampuan seseorang memasuki dan mengenal alam bawah sadar yang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. (J.Bagus).
• Penembusan factor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran baru atau sugesti. (U.S. Departement of Education, Human Services Division).
Hipnotis adalah fenomena alami dan normal, karena dalam sehari kita akan mengalami pada saat akan tidur sebelum terlelap dan pada saat baru terbangun namun kondisi masih bermalas-malasan, istilah yang lebih sering kita dengar dalam pergaulan adalah belum loading dan rohnya masih setengah.

Hipnotis adalah fenomena alami. Setiap manusia normal punya kemampuan untuk mengalami hipnotis. Anda dapat menolak hipnotis dengan cara mengabaikan semua yang dikatakan hypnotist atau mengabaikan perintah yang masuk ke dalam alam bawah sadar anda. Seperti halnya menolak terharu atau sedih dari sebuah cerita atau menolak senangnya sehingga cerita tersebut menjadi hambar dan datar dengan cara memikirkan hal lain pada saat membacanya atau menontonnya.

Orang banyak yang tidak paham dengan hipnotis sehingga merasa takut dan khawatir. Maka dari itu sebaiknya perlu diketahui apa itu hipnotis lalu kemudian dipahami dan dimengerti dan tanamkan dalam bawah sadar bahwa kita manusia yang kuat dan beriman. Hipnotis diri kita sendiri sebelum dihipnotis oleh orang lain.

Jenis hipnotis dan manfaatnya.
• Hypnotherapy ini adalah aplikasi hipnotis dalam menyembuhkan gangguan mental dan meringankan gangguan fisik yang lain.
• Medical and dental hypnosis penggunaan hipnotis untuk dunia medis, terutama oleh dokter ahli bedah dan dokter gigi dalam menciptakan efek anesthesia tanpa menggunakan obat bius.
• Comedy hypnosis penggunaan hipnotis ini adalah untuk hiburan semata, dan jangan takut dengan hipnotis ini karena ini dilakukan didepan orang banyak.
• Forensic hypnosis ini digunakan dalam kepolisian untuk mencari dan menggali informasi dari saksi dan korban serta menutup trauma mendalam pada si korban agar tidak terjadi lagi ketakutan dan rasa was-was.
• Metaphysical hypnosis ini adalah aplikasi hipnotis yang dipakai untuk meneliti berbagai fenomena metafisik seperti out of body travel, inner-self communication, meditation, dan mengakses kekuatan supernatural serta fenomena metafisik yang lain.
Pada intinya hipnotis adalah cara mengolah pikiran kita dan untuk diri kita sendiri, dan kita memang memiliki semua itu, hanya apakah kita sadar dengan semua potensi dalam diri kita? Kita sendiri yang bisa mencari jawabannya, bukan kamu atau mereka.
Semoga info ini bermanfaat.

Astungkara.

1 komentar:

-Gek- mengatakan...

Astungkara juga. :)

Poskan Komentar